WEBMAIL
adalah klien email yang menggunakan halaman Web sebagai media untuk mengelola
email di sisi klien. Sesuai dengan sifat AplikasiWeb, pemakai Webmail tidak
perlu melakukan instalasi perangkat lunak dan cukup mengisi sangat sedikit
konfigurasi. Dengan kemudahan akses halaman Web dari banyak tempat, Webmail menjadi
lebih disukai lagi terutama bagi mereka yang sering berganti-ganti komputer
untuk akses Internet. Penyedia jasa Webmail gratis pun cukup banyak tersedia
karena mereka dapat menyediakan halaman Web yang akan sering dikunjungi
pemakainya, dengan imbal balik berupa pemasukan dari iklan.
Ada beberapa
keuntungan yang bisa didapatkan oleh civitas academica UI dengan
menggunakan fasilitas webmail ini:
1. proses pembuatannya mudah, bahkan Anda tidak perlu mengisi data apapun. Sejak pertama kali login, Anda langsung masuk ke inbox;
2. Terintegrasi dengan Jaringan UI Terpadu (JUITA) sehingga Anda cukup mengaksesnya dengan menggunakan Account-ID JUITA;
3. memiliki e-mail yang beralamat Universitas Indonesia (username@ui.ac.id) sehingga orang lain langsung mengenali bahwa Anda berasal dari Universitas Indonesia. Hal ini membuat proses korespondensi dengan akademisi dari institusi luar UI menjadi relatif lebih mudah dan cepat dibandingkan apabila kita menggunakan alamat e-mail lain;
4. Anda bisa meng-import pesan yang sampai di akun webmail ke alamat e-mail Anda yang lain.
1. proses pembuatannya mudah, bahkan Anda tidak perlu mengisi data apapun. Sejak pertama kali login, Anda langsung masuk ke inbox;
2. Terintegrasi dengan Jaringan UI Terpadu (JUITA) sehingga Anda cukup mengaksesnya dengan menggunakan Account-ID JUITA;
3. memiliki e-mail yang beralamat Universitas Indonesia (username@ui.ac.id) sehingga orang lain langsung mengenali bahwa Anda berasal dari Universitas Indonesia. Hal ini membuat proses korespondensi dengan akademisi dari institusi luar UI menjadi relatif lebih mudah dan cepat dibandingkan apabila kita menggunakan alamat e-mail lain;
4. Anda bisa meng-import pesan yang sampai di akun webmail ke alamat e-mail Anda yang lain.
PENGERTIAN
EMAIL
Surat
elektronik (disingkat ratel atau surel atau surat-e) atau pos elektronik
(disingkat pos-el) atau nama umumnya dalam bahasa Inggris “e-mail atau email”
(ejaan Indonesila: imel) adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur
Internet. Dengan surat biasa umumnya pengirim perlu membayar per pengiriman
(dengan membeli perangko), tetapi surat elektronik umumnya biaya yang
dikeluarkan adalah biaya untuk membayar sambungan Internet.
KELEBIHAN
PENGGUNAAN EMAIL
- Nyaman
Untuk
mengirim surat tidak perlu ke kantor pos, cukup duduk di depan komputer yang
terhubung Internet dan ketik pesan lalu dikirim ke alamat tujuan. Bahkan
sekarang inie-mail bisa dikirim melalui media komunikasi mobile seperti ponsel
dan PDA (Personal Assistant Data). Cepat Hanya dengan hitungan detik e-mail
dapat dikirimkan ke belahan dunia manapun. Murah Biaya pengiriman relatif
sangat murah dibandingkan penggunaan telepon atau surat, terutama jika mengirim
surat atau interlokal ke luar daerah atau luar negeri. Hemat sumber daya Kita
tidak perlu membeli kertas, pulpen, atau memboroskan tinta printer untuk
digandakan lalu dikirimkan ke beberapa orang sekaligus yang tidak sedikit
mengeluarkan biaya.
- Global
E-mail bisa digunakan oleh siapa saja, di mana saja, dan kapan saja sebagai sarana komunikasi di seluruh penjuru dunia. Reliabel Kita bisa menyimpan e-mail di server yang tidak akan hilang kecuali dihapus. Pesan multimedia Pesan yang dikirim tidak hanya sekedar teks (tulisan) saja. Isi e-mail dapat berupa gambar, foto, video, program, bahkan suara.
E-mail bisa digunakan oleh siapa saja, di mana saja, dan kapan saja sebagai sarana komunikasi di seluruh penjuru dunia. Reliabel Kita bisa menyimpan e-mail di server yang tidak akan hilang kecuali dihapus. Pesan multimedia Pesan yang dikirim tidak hanya sekedar teks (tulisan) saja. Isi e-mail dapat berupa gambar, foto, video, program, bahkan suara.
KELEMAHAN
PENGGUNAAN E-MAIL
1. Salah kirim
Bila sebuah e-mail yang berisi dokumen-dokumen penting salah alamat, maka ada kemungkinan dokumen tersebut disalahgunakan.
Rawan penyadapan
Ada kemungkinan e-mail disadap oleh oknum tertentu, sehingga dibutuhkan kehati-hatian dalam mengirimkan pesan rahasia.
1. Salah kirim
Bila sebuah e-mail yang berisi dokumen-dokumen penting salah alamat, maka ada kemungkinan dokumen tersebut disalahgunakan.
Rawan penyadapan
Ada kemungkinan e-mail disadap oleh oknum tertentu, sehingga dibutuhkan kehati-hatian dalam mengirimkan pesan rahasia.
2. Pemalsuan
identitas
Kita tidak bisa memastikan identitas seseorang hanya dengan mengetahui alamat e-mail yang dimilikinya.
3. Kebanjiran e-mail
Hal ini bisa terjadi karena mailbox sudah terlalu lama tidak dibuka atau dihapus.
4. Sampah e-mail
Banyak sekali e-mail sampah (junkmail/spam) yang berupa iklan komersial yang tidak kita harapkan.
5. Respon terlambat
Tidak semua orang membaca e-mail setiap hari sehingga ada
kemungkinan balasan akan mengalami keterlambatan.
Kita tidak bisa memastikan identitas seseorang hanya dengan mengetahui alamat e-mail yang dimilikinya.
3. Kebanjiran e-mail
Hal ini bisa terjadi karena mailbox sudah terlalu lama tidak dibuka atau dihapus.
4. Sampah e-mail
Banyak sekali e-mail sampah (junkmail/spam) yang berupa iklan komersial yang tidak kita harapkan.
5. Respon terlambat
Tidak semua orang membaca e-mail setiap hari sehingga ada
kemungkinan balasan akan mengalami keterlambatan.
ISTILAH
DALAM EMAIL
Istilah-istilah yang sering digunakan dalam menggunakan e-mail adalah :
1. Sign Up : Mendaftarkan diri (menjadi member)
2. Sign In : Pemilik e-mail dapat masuk ke e-mailnya sendiri apabila sudah terdaftar (menjadi member)
3. Compose : Menulis surat baru
4. Inbox : Surat yang masuk ke pemilik e-mail
5. To : Surat akan dikirim ke alamat e-mail yang dituju
6. CC : Surat dikirim secara berantai ke alamat lain
7. BCC : Surat dikirim ke alamat yang dituju tanpa memberi tahu pemilik alamat yang tercantum di alamat CC
8. Draft : Surat yang ditulis tapi belum dikirim
9. Sent : Surat yang terkirim
10. Spam : Surat yang berisi kata-kata yang tidak baik/menganggu
11. Reply : Membalas surat yang diterima
12. Trash : Melihat e-mail yang telah dihapus
13. Bulk : Melihat e-mail yang dicurigai sebagai spam
14. Forward : Meneruskan surat yang diterima untuk disampaikan kepada orang lain
15. Attachment : Fasilitas pada sebuah program e-mail baik program komputer maupun webmail yang dapat digunakan untuk mengirimkan file, atau gambar, yang di ikutsertakan pada e-mail yang akan di kirim.
Istilah-istilah yang sering digunakan dalam menggunakan e-mail adalah :
1. Sign Up : Mendaftarkan diri (menjadi member)
2. Sign In : Pemilik e-mail dapat masuk ke e-mailnya sendiri apabila sudah terdaftar (menjadi member)
3. Compose : Menulis surat baru
4. Inbox : Surat yang masuk ke pemilik e-mail
5. To : Surat akan dikirim ke alamat e-mail yang dituju
6. CC : Surat dikirim secara berantai ke alamat lain
7. BCC : Surat dikirim ke alamat yang dituju tanpa memberi tahu pemilik alamat yang tercantum di alamat CC
8. Draft : Surat yang ditulis tapi belum dikirim
9. Sent : Surat yang terkirim
10. Spam : Surat yang berisi kata-kata yang tidak baik/menganggu
11. Reply : Membalas surat yang diterima
12. Trash : Melihat e-mail yang telah dihapus
13. Bulk : Melihat e-mail yang dicurigai sebagai spam
14. Forward : Meneruskan surat yang diterima untuk disampaikan kepada orang lain
15. Attachment : Fasilitas pada sebuah program e-mail baik program komputer maupun webmail yang dapat digunakan untuk mengirimkan file, atau gambar, yang di ikutsertakan pada e-mail yang akan di kirim.
Client-Server
adalah arsitektur jaringan yang memisahkan client(biasanya aplikasi yang
menggunakan GUI ) dengan server. Masing-masing client dapat meminta data atau
informasi dari server.
Sistem
client server didefinisikan sebagai sistem terdistribusi, tetapi ada beberapa
perbedaan karakteristik yaitu :
1.Servis (layanan)
- Hubungan antara proses yang berjalan pada mesin yang berbeda
- Pemisahan fungsi berdasarkan ide layanannya.
- Server sebagai provider, client sebagai konsumen
2.Sharing resources (sumber daya)
- Server bisa melayani beberapa client pada waktu yang sama, dan meregulasi akses bersama untuk share sumber daya dalam menjamin konsistensinya.
3.Asymmetrical protocol (protokol yang tidak simetris )
- Many-to-one relationship antara client dan server.Client selalu menginisiasikan dialog melalui layanan permintaan, dan server menunggu secara pasif request dari client.
4.Transparansi lokasi
- Proses yang dilakukan server boleh terletak pada mesin yang sama atau pada mesin yang berbeda melalui jaringan.Lokasi server harus mudah diakses dari client.
5.Mix-and-Match
- Perbedaan server client platforms
6.Pesan berbasiskan komunikasi
- Interaksi server dan client melalui pengiriman pesan yang menyertakan permintaan dan jawaban.
7.Pemisahan interface dan implementasi
- Server bisa diupgrade tanpa mempengaruhi client selama interface pesan yang diterbitkan tidak berubah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar